Rencana Bisnis "Buku Mantul"

Minggu, 04 November 2018



Rencana Bisnis
BUKU MANTUL
“Surganya Pemburu Ilmu”


Bidang Usaha : Jasa Penjualan Buku Online dan Offline

Surakarta, 03 November 2018

Disusun oleh :
Nama                           : LAILA NUR ISLAMIATUN                    
Nim                             : B16054
Alamat Usaha              : Canden Musuk Boyolali
No Telp                       : 085647149638
Alamat E-Mail              : Nurislamiatunlaila@gmail.com
Facebook Fanepage    : Laila Nur Islamiatun
Situs Blog                    :
1.      Ringkasan
a.       Nama Perusahaan        : Buku Mantul
b.      Bidang Usaha              : Penjualan buku online dan offline
c.       Jenis Produk/Jasa        : Penjualan buku online dan offline

2.      Deskripsi Perusahaan
a.      Visi Perusahaan
Usaha toko buku kami ini memliki visi yaitu “Menjadi motivasi pelajar untuk semangat belajar dan menjadi satu satunya toko buku yang menarik di semua kalangan”  alasannya adalah penurunan drastis minat pembaca di era ini membuat kami tertantang untuk membuat konsep toko buku yang banyak diminati konsumen, sehingga buku tidak hanya di pandang sebelah mata saja. 

b.      Misi Usaha
Misi usaha kami kami “Cerdaskan otak Anda, dengan mengunjungi toko kami”. Slogan yang kami pakai adalah “Surganya Pemburu Ilmu”.  Kami ingin menjadi toko buku yang mengerti kebutuhan konsumen dan menjadi toko buku yang akrab sehingga membuat konsumen nyaman.

c.       Analisis Lingkungan Internal
1.      Strengh (Kekuatan)
Toko Buku Mantul ini memiliki banyak keunggulan di bandingkan dengan toko buku lain karena toko buku ini akan menghadirkan layanan-layanan menarik yang belum konsumen rasakan sebelumnya, kekuatan atau keunggulan Toko Buku Mantul di bandingkan dengan toko buku lainnya :
a.       Buku bukanlah hal yang mudah untuk di jauhi atau di lupakan begitu saja, buku akan terus di cari.
b.      Website penjualan yang tidak begitu-begitu saja, website kami akan dibuat semenarik mungkin dan membuat banyak konsumen yang merasa tertarik.
c.       Tempat untuk menyalurkan usaha kami sangat banyak kami bisa berkerjasama dengan sekolah ataupun perpustakaan.
d.      Permintaan buku bacaan yang terus meningkat karena buku sangat cepat berkembang.
e.       Buku banyak di cari oleh kalangan pelajar dan karyawan kantor.
2.      Kelemahan (Weakness)
Dimana ada kelebihan pasti juga ada kekurangan atau kelemahan, seperti toko buku kami ada juga kelemahan yang menjadi kendala dalam kami menjual produk-produk kami ini. Adapun kelemahan tersebut adalah sebagai berikut :
a.       Sudah ada toko besar yang lebih di percaya oleh konsumen.
b.      Makin sedikitnya peminat pembaca saat ini membuat toko kami sepi pelanggan.
c.       Konsumen lebih senang untuk membaca lewat gadged daripada membaca di buku.
d.      Tempat penjualan offline yang belum strategis.
e.       Keuntungan yang tidak tetap.

d.      Analisa Lingkungan Eksternal
1.      Opportunity (Peluang)
Banyak peluang yang bisa di dapat dalam mendirikan Toko Buku Mantul ini, jika usaha ini dijalankan dengan penuh totalitas maka tidak dapat diragukan lagi keuntunganpun akan datang dengan sendirinya, adapun peluang yang dapat di lihat dari Toko Buku Mantul ini :
a.       Menjadi pemasok buku tetap.
b.      Sistem yang sangat didukung oleh pemerintah.
c.       Dapat terus bersaing di masa depan.
d.      Jangkauan pasar luas.
2.      Threath (Ancaman)
Banyak peluang yang dimiliki Toko Buku Mantul, namun jangan lupa ada juga ancaman yang harus segera dan secepat mungkin di carikan solusinya, bentuk bentuk ancaman dari penjualan buku :
a.       Gadget sarana yang lebih diminati konsumen.
b.      Munculnya pesaing yang baru.
c.       Konsumen yang cepat bosan.
d.      Faktor harga buku yang semakin meningkat sehingga peminat berkurang.

3.       Implementasi Strategi E-Bussines
A.    Produk/Jasa
Usaha Toko Buku Mantul, produk yang kami tawarkan adalah penjualan online dan offline buku. Kami memiliki daya pikat yang lebih memikat dibandingkan dengan usaha jual beli buku yang lainnya. Kebanyakan jual beli buku masih di jual di toko-toko dan harus membelinya di toko tersebut, tapi kami menghadirkan toko online yang menarik untuk dikunjungi konsumen, kami melayani konsumen dengan sebaik mungkin agar konsumen merasa nyaman. Kami akan memasarkan produk-produk yang terbaru atau sesuai dengan keinginan konsumen itu sendiri. Buku-buku yang kami pasarkan adalah buku yang terpercaya dan menjanjikan sesuai permintaan konsumen.
Selain menjual buku di toko ini juga menjual berbagai alat tulis yang dapat di beli konsumen, jadi disini kami tidak hanya menjual buku saja namun juga perlengkapan sekolah lainnya. Biasanya di toko toko buku tidak begitu lengkap persediaan bukunya jadi kami disini hadir untuk memberikan layanan apa yang konsumen cari, kami pastikan akan selalu menjual buku-buku keluaran terbaru.
Sumber buku yang akan kami peroleh itu bersumber dari beberapa penerbit buku dan dari beberapa toko buku besar di kota lain seperti di kota Bandung. Penerbit buku yang akan dijadikan sumber produk misalnya Gramedia, Elex Media Komputindo, Ganesha, Mizan, dan lain-lain yang akan difleksibelkan sesuai kebutuhan dan kualitas buku yang dihasilkan.

B.     Keunggulan dibandingkan Produk Lain
Banyak keunggulan yang kami miliki dibandingkan dengan produk lain. Berikut ini adalah keunggulan yang kami miliki dibandingkan dengan produk lain :
a.       Kualitas buku yang bagus dan dikemas dengan semenarik mungkin.
b.      Menyediakan berbagai macam produk tidak hanya buku namun alat sekolah lainnya.
c.       Kami memberikan garansi buku jika buku rusak saat sampai ke tgan konsumen.
d.      Kami mendirikan usaha online dan offline sehingga produk yang kami jual tidak hanya di lokasi saja.
e.       Kami melayani jasa antar barang saat di pesan.
f.       Kami memilah atau tidak mencampur buku-buku. Kami akan menata buku sesuai dengan jenisnya.
g.      Kami selalu memberikan produk yang up to date.
h.      Jika barang yang diantar kurir tidak sampai ke tangan konsumen maka kami akan menggantinya dengan uang yang telah di transfer.
Keunggulan dibanding produk lain termasuk daya tarik konsumen, dan manfaatnya
Keunggulan dari produk kami adalah buku yang kami jual bisa di beli dengan tabung buku artinya konsumen dapat menabung di toko buku kami, karena hal ini akan mempermudah untuk konsumen memenuhi kebutuhannya. Dengan tabung buku ini banyak konsumen yang akan tertarik dan akan menjadi langganan tetap.

Keunggulan jasa dibanding yang lain :
1.      Member untuk pelanggan.
2.      Voucher belanja setelah membeli buku minimal 300.000.
3.      Memberikan discount jika telah membeli sebanyak 7X.
4.      Siap antar ke rumah atau alamat konsumen.

C.    Harga / Tarif Produk
Tarif/harga yang kami pasang di Toko Buku Mantul ini beraneka ragam, tarif buku yang kami jual hampir sama dengan tarif toko buku ternama. Berikut sebagian rincian harga buku yang kami pasang :

Harga Tarif Buku
No
Judul Buku
Harga
1
Dreamweaver
Rp.150000
2
Flash Me
Rp. 55000
3
Potoshop 7
Rp. 75000
4
PHP dan MYSQL
Rp. 10000
5
ASP.net
Rp. 15000

Harga Tarif ATK (Alat Tulis Kantor)
No
Judul Buku
Harga
1
Kertas HVS
Rp. 35000
2
Tinta Printer
Rp. 20000
3
Penggaris
Rp. 30000
4
Bolpoin
Rp. 25000
5
Buku Tulis
Rp. 60000

Keterangan : semua barang tergantung pada keluaran dan model barang, semakain baru maka harga semakin mahal.
4.      Pengendalian Strategi E-Bussines
A.    Resiko usaha (fluktuasi pasar, perubahan teknologi, substitusi produk)
Banyak resiko usaha yang datang di berbagai jenis usaha. Hampir seluruh perusahaan ataupun bidang usaha sangat terkait atau dipengaruhi oleh tiga hal dalam prospek kedepannya, demikian juga Toko Buku Mantul. Ketiga hal tersebut, yaitu:
a.)    Pertumbuhan Ekonomi
Ketika pertumbuhan ekonomi membaik maka tingkat pendapatan masyarakat akan lebih membaik, sehingga permintaan masyarakat terhadap jasa penjualan buku ini akan lebih tinggi.
b.)    Inflasi
Inflasi adalah peningkatan harga umum dari barang dan jasa dalam periode waktu tertentu. Inflasi dapat mempengaruhi biaya operasi perusahaan yang menghasilkan produk karena naiknya biaya barang pasokan dan bahan baku. Gaji juga dipengaruhi oleh inflasi. Tingkat inflasi yang lebih tinggi akan mengakibatkan lebih tingginya biaya operasi perusahaan. Akibatnya perusahaan akan menaikkan harga pokok penjualan. Naiknya harga biasanya diikuti dengan turunnya permintaan terhadap harga pokok tersebut. Berarti, trend penjualan akan menurun.
c.)    Tingkat Suku Bunga
Kondisi ini mewakili biaya meminjam uang. Perubahan dalam tingkat suku bunga di pasar dapat mempengaruhi biaya bunga perusahaan karena bunga pinjaman yang diminta oleh bank komersial atau kreditor berdasarkan tingkat suku bunga pasar. Karena tingkat suku bunga mempengaruhi biaya pendanaan, maka beberapa proyek yang dipandang layak pada periode suku bunga rendah, mungkin akan menjadi tidak layak pada periode suku bunga tinggi. Misalnya, Toko Buku Mantul ini akan menghentikan ekspansi pasar untuk membuka kantor cabang di berbagai daerah karena naiknya tingkat pinjaman suku bunga.

B.     Mitigasinya atau Kelangsungan Bisnis
Dilihat bagaimana pentingnya buku pada zaman modern ini, bukan hanya di zaman modern bahkan buku tidak pernah habis masanya. Bahkanm semakin banyak permintaan akan buku, membuat bisnis usaha ini semakin berkembang. Tidak sedikit pelaku usaha yang menjalankan usaha ini sukses dan meraup keuntungan yang berlipat ganda, karena hasil keuntungan per buku juga tergolong besar. Bisnis usaha toko buku tidak pernah mati karena di barengi dengan penerimaan siswa sekolah maupun mahasiswa. Setiap tahun bermunculan buku buku baru yang inovatif, kreatif, dan memiliki pengetahuan baru. Membaca buku tidak hanya di gemari beberapa kalangan, tapi semua kalangan khususnya anak anak muda yang masih melanjutkan pendidikan. Banyak jenis buku yang populer di masyarakat Indonesia, seperti buku pelajaran, novel, komik, majalah, dan buku bacaan lain. Jadi kami yakin bahwa usaha toko buku ini akan terus berlangsung lama dan tidak akan pernah mati.

5.      Analisis Kelayakan Bisnis
A.    Pemasaran   
Supaya toko buku ini bisa diterima dan dikenal oleh banyak sehingga banyak pelanggan yang tahu dan tertarik membeli dan akhirnya membuat keuntungan besar bagi toko, maka dilakukan strategi dalam mempromosikan toko itu sendiri dan buku-buku yang dijual diantaranya adalah sebagai berikut:
1.)    Promosi yang dilakukan saat pertamakali membuka usaha adalah dengan memberikan diskon selama satu minggu sebesar 10% dan disebarkan iklan pembukaan toko buku baru ke setiap sekolah-sekolah dan tempat-tempat di Kabupaten soppeng  dan sekitarnya.
2.)    Promosi yang kedua adalah dengan langsung menawari pihak sekolah ketika waktu sebelum ajaran baru (personal selling). Dari toko ada yang bertidak sebagai salesman yang menawarkan buku-buku pelajaran dan buku-buku soal (LKS) yang terbaru dan terbaik dengan menyediakan berbagai pilihan buku-buku yang berkualiatas.
3.)    Promosi di toko langsung, yaitu dengan menempelkan poster buku-buku terbaru.
4.)    Promosi buku yang tidak ada di toko buku, dengan memberikan data buku-buku yang dijual produsen melalui komputer dan booklet yang sumbernya dari internet dan dari penerbit langsung.

B.     Proyeksi Keuntungan
Buku merupakan sumber ilmu yang mujarab dan juga dapat menghasilkan uang yang melimpah. Apalagi di era modern ini buku sangat diminati oleh mahasiswa dan seorang pekerja perkantoran. Seperti halnya toko buku ini, toko buku yang menyediakan berbagai fasilitas yang dapat memfasilitasi konsumen dalam mencari ilmu. Disini saya akan menguraikan proyeksi keuntungan dalam membuka Toko Buku Mantul ini :

Modal Awal Usaha Toko Bisnis




Biaya Tetap

Biaya Tidak Tetap

Penerimaan



1 komentar:

hamaadbabula mengatakan...

Harrah's Ak-Chin Hotel & Casino - MapyRO
Find 청주 출장마사지 your way 의왕 출장안마 around the casino, find where 하랑 도메인 everything 전라북도 출장샵 is located with this bustling entertainment and gaming industry. See if you're in the 태백 출장샵 mood

Posting Komentar